Sabtu, 27 November 2010

guru menyenangkan

Senin, 25 Mei 2009 18:05

Kapanlagi.com - Pakar Pendidikan Anak, Seto Mulyadi menyatakan seorang guru profesional dalam memberikan pelajaran di sekolah harus mampu menyenangkan para muridnya. Karena dengan suasana senang kegiatan belajar akan berjalan lebih efektif."Kalau suasana menyenangkan sudah tercipta, maka anak-anak akan lebih semangat dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh gurunya," kata Kak Seto, sapaan akrabnya, saat menjadi pembicara seminar bertema Stop Kekerasan Dalam Pendidikan, di Pontianak, Senin (25/5).
Ia mengatakan, untuk menciptakan suasana menyenangkan dalam mendidik anak-anak, seorang guru profesional harus bisa menjadi seperti penyanyi, pendongeng, seniman, pelawak, pesulap, ilmuwan dan lain-lain.
"Adakalanya seorang guru harus pintar mendongeng untuk menjelaskan suatu pelajaran, seperti hidup harus tolong menolong. Misalnya menceritakan bagaimana si Kancil yang dikenal sebagai binatang cerdik dan pintar, tetapi juga tidak dapat hidup tanpa bantuan binatang lain," ujarnya.
Kak Seto menambahkan, dunia anak adalah bermain, yang penuh spontanitas dan menyenangkan. Anak akan melakukan dengan penuh semangat apabila terkait dengan suasana yang menyenangkan.
"Karena impian setiap anak adalah sekolah yang ramah, anak bukan sebaliknya hal yang menakutkan dengan setumpuk pekerjaan rumah dan guru yang galak," katanya.
Selain itu, seorang guru yang profesional juga harus memahami psikologi anak yang pada dasarnya anak bukan orang dewasa mini sehingga diperlukan kesabaran, pengertian dan toleransi yang mendalam.
Serta dunia anak berkembang, senang meniru, dan kreatif seperti rasa ingin tahu yang besar dengan senang bertanya, imajinasi yang tinggi, minat yang luas, tidak takut salah dan senang akan hal-hal yang baru.
Menurut dia, itu akan berkurang apabila di sekolah diberikan oleh seorang guru cara berpikir secara  konvergen, sementara cara berpikir secara divergen kurang dirangsang. (kpl/dar)

sumber :  http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/seto-mulyadi-seorang-guru-harus-menyenangkan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar